Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ITB :

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Institut Teknologi Bandung

No Jabatan PPID Jabatan Ex-Officio Uraian Tugas
1 PPID Utama Sekretaris Institut Memberikan arahan dan kebijakan terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi dan layanan publik di lingkungan ITB.
2 Ketua Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
  1. Memimpin, mengoordinir dan melaksanakan harmonisasi pelaksanaan keterbukaan informasi dan layanan publik;
  2. Memimpin, mengoordinir dan melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan PPID ITB;
  3. Memimpin, mengoordinir, dan melaksanakan penyusunan laporan kegiatan PPID ITB.
3 Sekretaris Kepala Biro Administrasi Umum dan Informasi
  1. Merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan belanja untuk kelancaran/keberlangsungan kegiatan PPID ITB;
  2. Menyusun dan mengusulkan prosedur operasional pelaksanaan keterbukaan informasi dan layanan publik ITB;
  3. Mengirimkan dokumen laporan kegiatan PPID ITB ke Komisi Informasi.
4 Penasehat Hukum Kepala Kantor Hukum
  1. Memberikan saran, masukan, dan pendampingan hukum atas pelaksanaan keterbukaan informasi dan layanan publik di lingkungan ITB;
  2. Memberikan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban setiap orang atas informasi dan layanan publik;
  3. Mendampingi proses uji konsekuensi publik;
  4. Membantu, mendampingi dan/atau mewakili Atasan PPID (Rektor) dan/atau PPID Utama (Sekretaris Institut) apabila terdapat proses penyelesaian sengketa informasi publik.
5 Pelaksana PPID UKA(Unit Kegiatan Akademik) Dekan Fakultas/Sekolah
  1. Menyediakan informasi dan dokumen dalam rangka melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Tahunan PPID ITB sesuai aturan Komisi Informasi;
  2. Memperbarui daftar informasi publik (DIP) dan daftar informasi yang dikecualikan (DIK) unit kerja masing masing sekurang-kurangnya satu tahun satu kali;
  3. Melaksanakan uji konsekuensi informasi yang dikecualikan sesuai aturan perundang-undangan;
  4. Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan PPID unit kerja ke Ketua dan/atau Sekretaris PPID sekurang-kurangnya satu tahun satu kali;
  5. Menugaskan kepada staf di masing masing unitnya untuk membantu menyediakan atau memberikan data yang diminta PPID pusat;
  6. Menugaskan personil terkait di bidangnya untuk membantu penyelenggaraan keterbukaan informasi dan pelayanan publik.
6 Pelaksana PPID UKP (Unit Kegiatan Pendukung) Pimpinan Unit Kerja
7 Pembantu Peiaksana PPID Bidang Layanan Informasi Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Publikasi Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
  1. Merencanakan, membuat, menyusun dan mempublikasikan berita kegiatan/acara/seminar berkaitan dengan keterbukaan informasi dan layanan publik;
  2. Mengelola kanal media PPID ITB (Situs, media sosial, dan/atau aplikasi) dalam rangka keterbukaan informasi dan layanan publik;
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan layanan informasi publik;
  4. Membuat dan melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan PPID Bidang Layanan Informasi.
8 Pembantu Pelaksana PPID Bidang Penyedia Informasi Kepala Bagian Data, Informasi, dan Dokumentasi
  1. Membuat, menyusun dan mengoordinir pemutakhiran DIP (Daftar Informasi Publik) dan DIK (Daftar Informasi yang Dikecualikan);
  2. Merencanakan, menyusun, dan mengoordinir pelaksanaan Uji Konsekuensi Informasi publik;
  3. Mengumpulkan dan mengklasifikasikan informasi publik (berkala, serta merta, dan tersedia setiap saat) berkoordinasi dengan Ketua dan/atau penasehat hukum PPID;
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan penyediaan informasi publik (berkala, serta merta, dan tersedia setiap saat) dan informasi yang dikecualikan.
9 Petugas Penyedia Informasi dan Sistem Informasi
  1. Kepala Subbag Data dan Informasi Biro Administrasi Umum dan Informasi;
  2. Kepala Seksi Manajemen Kualitas Layanan Teknologi Informasi Direktorat Teknologi Informasi;
  3. Kepala Subbag Sarana Prasarana dan Sistem Informasi Fakultas/Sekolah;
  4. Para Wali dan Pengendali Data.
  1. Mengembangkan, mengelola dan menjaga keberlanjutan penggunaan teknologi dan sistem informasi PPID di lingkungan ITB;
  2. Membuat dan melaporkan kegiatan penyediaan informasi dan sistem informasi ke Pembantu Pelaksana PPID Bidang Penyedia Informasi.
10 Petugas Pelayanan Informasi
  1. Kepala Subbag Kehumasan dan Publikasi Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat;
  2. Kepala Seksi Pemrosesan Data Direktorat Pendidikan;
  3. Kepala Seksi Layanan Teknologi Informasi Direktorat Teknologi Informasi;
  4. Kepala Sekretariat dan ULT Kemahasiswaan;
  5. Kepala Subbag Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Fakultas/Sekolah.
  1. Menerima dan merespons permintaan informasi dan layanan dari publik/masyarakat berkoordinasi dengan Ketua dan/atau penasehat hukum PPID;
  2. Membuat dan melaporkan kegiatan pelayanan informasi ke Pembantu Pelaksana PPID Bidang Layanan Informasi Publik.